Masa Pandemi, Murid SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung Menjalani Masa Orientasi Secara Offline dan Online

SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung melaksanakan kegiatan Masa Orientasi Murid (MOM) Tahun Ajaran 2020-2021 bagi seluruh murid, yaitu murid baru kelas 1 Abu Bakar Ash-Shiddiq dan murid kelas 2 Al Biruni, Selasa-Kamis (14-16/07).

Seperti yang disampaikan oleh Kemendikbud melalui Plt Dirjen PAUD Dikdas dan Dikmen, Hamid Muhammad tentang kebijakan tahun ajaran baru pada masa pandemi terkait pelaksanaan hari pertama sekolah atau yang dikenal dengan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada webinar Pengenalan Lingkungan Sekolah secara Virtual dengan tema “Menyambut Tahun Ajaran di Kenormalan Baru, Semua Terlibat Semua Hebat”, Sabtu (11/07), bahwa kesehatan dan keselamatan adalah hal yang paling penting untuk diperhatikan. Berdasarkan himbauan tersebut, SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung melaksanakan kegiatan Masa Orientasi Murid (MOM) dengan mengikuti protokol kesehatan penanganan Covid-19 dan memperhatikan kesehatan serta keselamatan setiap muridnya.

Tahun ini, jumlah murid baru kelas 1 yaitu sebanyak 15 murid. Karena banyaknya informasi yang perlu diterima ananda di hari pertama, serta jumlah murid kelas 1 dan 2 yang mendukung penerapan physical distancing, maka sekolah memutuskan untuk menyelenggarakan Masa Orientasi Murid (MOM) hari pertama secara tatap muka (offline). Kegiatan MOM yang dilaksanakan secara offline ini tentunya mendapatkan dukungan juga dari ayah dan bunda, orang tua/wali murid SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung.

Tujuan dilaksanakannya MOM secara offline yaitu agar ananda dapat mengetahui lingkungan sekolah secara fisik, selain itu ananda juga dapat mengenal guru-guru, teman-teman, serta kakak dan adik kelas barunya secara langsung. Sehingga ketika melaksanakan pembelajaran secara online tidak kebingungan dengan guru-guru dan teman-temannya.

Kegiatan Masa Orientasi Murid (MOM) SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung ini dibuka secara resmi oleh Kepala Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung, Mr. Mugiyono, S.Si., M.M. dengan menerbangkan balon-balon berwarna black-gold—warna khas Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Indonesia—pada pelaksanaan apel pagi pukul 07.00 WIB.

Apel Pembukaan Kegiatan Masa Orientasi Murid (MOM) SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung Tahun Ajaran 2020-2021

Kegiatan hari pertama yaitu perkenalan, murid-murid memperkenalkan diri sendiri satu per satu di depan kelas, mengenal teman-teman, guru-guru, serta mengenal kakak/adik kelasnya.

Kemudian mereka juga dikenalkan dengan kegiatan harian yang juga akan dilakukan setiap harinya selama Belajar dari Rumah (online) seperti berikrar sebelum belajar, pengenalan tepuk-tepuk, dan pengenalan rules di dalam kelas. Selain itu, murid-murid juga membuat sebuah produk sebagai gambaran Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) di kelas.

Pelaksanaan MOM hari pertama ini dilaksanakan dengan sangat hati-hati dan tentunya mengikuti protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di lingkungan sekolah. Setiap wali kelas, guru pendamping, dan murid membawa starter kit seperti menggunakan masker, face shield, membawa hand sanitizer, dan alat-alat pribadi (alat makan, botol minum, dll). Selain itu, murid-murid juga diarahkan dan dibimbing untuk selalu menjaga jarak (physical distancing) dengan petunjuk-petunjuk yang mudah dipahami dan disampaikan serta dikemas dengan menyenangkan oleh panitia. Alhamdulillah murid-murid dapat mematuhi protokol kesehatan dan antusias selama kegiatan berlangsung.

MOM hari ke-2 dan ke-3 dilaksanakan secara online oleh kelas 1 Abu Bakar Ash-Shiddiq. Pada MOM hari ke-2, selain mulai mengaplikasikan hal-hal yang sudah dipelajari di hari pertama, murid-murid juga dikenalkan dengan lagu anak Islami, tata cara berwudhu dan shalat Dhuha, lalu ada juga aktivitas mewarnai. Di hari ke-3, murid-murid bersama-sama menyanyikan lagu anak Islami yang telah dikenalkan di hari ke-2. Selain itu, mereka juga belajar pembiasaan baik yaitu tata cara masuk dan keluar toilet (toilet training).

Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan Masa Orientasi Murid (MOM) SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung Tahun Ajaran 2020-2021 berjalan dengan lancar dan semuanya happy!

Happy exploring in ur new school, kiddos!