Kreasi Tie Dye T-Shirts Kelas 1 Abu Bakar Ash-Shiddiq dalam Kegiatan Crafting Performance 2021

Dalam kegiatan belajar mengajar yang dilakukan baik di rumah maupun di sekolah, kita tidak hanya harus mengembangkan aspek kognitif anak saja, melainkan aspek psikomotor yang juga harus dikembangkan. Apalagi disaat pandemi Covid-19, di mana pembelajaran masih harus dilakukan dari rumah.

Salah satu kegiatan yang bisa mengembangkan aspek psikomotor pada anak bisa diberikan melalui beberapa kegiatan pembelajaran di sekolah, salah satunya pada kegiatan yang bisa mengasah kreativitas anak. Meningkatkan kreativitas anak tidak perlu dengan sesuatu yang mahal atau sulit. Banyak cara atau kegiatan yang dapat meningkatkan keterampilan anak untuk berkreasi salah satunya art and crafting activities.

Art and crafting activities bisa menjadi sarana yang tepat bagi anak untuk membebaskan diri dari ketegangan dan frustrasi yang terpendam dan menciptakan perasaan senang dan gembira. Art and crafting activities juga dapat meningkatkan kreativitas dan keterampilan anak dalam berkreasi mewujudkan imajinasi mereka. Selain menyenangkan, art and crafting activities dapat melatih anak dalam mengidentifikasi objek serta meningkatkan kemampuan motorik anak.

Untuk itu, sebagai salah satu institusi pendidikan yang peduli terhadap perkembangan peserta didiknya, SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung mengadakan kegiatan Crafting Performance di kelas 1 Abu Bakar Ash-Shiddiq. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai puncak tema pada pembelajaran tematik dan untuk memfasilitasi kreativitas anak dalam menuangkan imajinasinya ke dalam bentuk karya. Crafting Performance di tahun ini, anak-anak diajak untuk membuat kreasi Tie Dye (ikat celup) pada kaos. Dimana motif tie dye sendiri kini sedang terkenal dan digemari di Indonesia. Sudah banyak orang yang menerapkan motif tie dye ini pada berbagai produk salah satunya kaos. Diharapkan dengan adanya kegiatan ini, aspek psikomotor dapat dikembangkan terutama kreativitasnya.

Crafting Performance ini dilaksanakan pada hari Kamis, 11 Februari 2021 melalui aplikasi zoom cloud meeting dari pukul 08.00-10.00 WIB. Meskipun dilaksanakan secara daring, anak-anak tetap antusias dalam berkegiatan. Dari mulai menyiapkan semua alat dan bahannya, proses pengerjaannya, pendokumentasiannya, hingga menunjukan hasil akhirnya. Meskipun masih kelas 1 SD, namun kreasi anak-anak ini tidak kalah bagus dengan yang sudah ada di pasaran. Kreativitas mereka dalam memadupadankan warna membuat kaos tie dye yang dihasilkan begitu unik dan menarik. Tie dye T-Shirts yang sudah dibuatnya ini biasanya akan dikenakan bersama-sama pada saat kegiatan Fun Edutrip pada akhir Tahun Ajaran.

Alhamdulillah kegiatan Crafting Performance ini berjalan dengan lancar. Semoga kegiatan yang telah dilaksanakan tersebut dapat menjadi pengalaman yang bermanfaat, serta dapat mengembangkan aspek psikomotor dan kreativitas siswa, karena orang yang sukses biasanya terlahir dari kreativitasnya. Sesuai dengan quotes:

“Orang yang akan menjadi paling sukses bukanlah orang kaya atau pintar. Tapi orang yang kreatif.”

Rina Parliya

Maka janganlah berhenti untuk berkreativitas dan berkarya dimanapun dan kapanpun. Sampai jumpa di Crafting Performance tahun depan!