Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia dalam Kegiatan Peringatan Bulan Bahasa 2020

“Bahasa menunjukan bangsa”. Itulah sekilas peribahasa yang sering kita dengar dalam kehidupan sehari-hari. Tidak dapat dipungkiri juga bahwa bahasa yang selama ini kita gunakan dalam kehidupan sehari-hari bisa menjadi identitas diri bahkan identitas suatu bangsa. Maka sudah seharusnya kita bangga menggunakan Bahasa Indonesia sebagai identitas dan jati diri bangsa.

Bahasa Indonesia sendiri lahir pada 28 Oktober 1928 bertepatan dengan momen sumpah pemuda. Bahasa Indonesia diciptakan untuk memelihara persatuan dan menghubungkan setiap suku untuk dapat berkomunikasi dengan suku lain menggunakan Bahasa yang sama. Bahasa Indonesia dapat meruntuhkan sekat-sekat perbedaan dan menjadikan kesatuan bangsa sebagai indentitas nasional kita.

Dalam rangka memperingati hari Sumpah Pemuda, Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung mengadakan peringatan bulan Bahasa yang dilaksanakan selama sebulan dari tanggal 01-28 Oktober 2020. Kegiatan Bulan Bahasa yang dilaksanakan di Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung sendiri yaitu berupa lomba bercerita dan mengarang untuk tingkat SD, kemudian lomba menulis cerpen dan apresiasi puisi untuk tingkat SMP. Pada pelaksanaannya, kegiatan tersebut langsung terintegrasi dengan pembelajaran yang dilakukan di kelas.

Untuk murid kelas satu, kegiatan bulan Bahasa yang dilaksanakan ialah bercerita dari gambar berseri. Anak-anak diberi pilihan beberapa gambar berseri yang kemudian mereka warnai dan ceritakan sesuai dengan versi mereka masing-masing. Keterampilan berbahasa yang diambil dalam kegiatan ini ialah berbicara. Anak-anak dilatih untuk mampu bercerita dari gambar yang ia lihat sesuai kekayaan kosa kata yang telah dimilikinya. Kegiatan ini langsung terintegrasi dengan pembelajaran tematik di kelas.

Untuk murid kelas dua, pada pelaksanaannya anak-anak diberi kegiatan untuk mengarang tentang cita-cita dan apa yang ingin mereka capai di masa depan pada kartu yang kita namakan dengan “Dream Card”. Semua murid mengikuti kegiatan dengan antusias. Ada yang menuliskan keinginannya untuk menjadi hafidz Qur’an, ada juga yang menuliskan ingin menjadi dokter, dan lain sebagainya. Keterampilan berbahasa yang diambil pada kegiatan ini ialah menulis. Anak-anak dilatih untuk bisa merangkai kata menjadi kalimat yang padu membentuk sebuah cerita tentang cita-cita mereka.

Kegiatan bulan Bahasa yang dilaksanakan di kelas 7 yaitu menulis cerita pendek. Siswa diminta untuk menuliskan sebuah cerita pendek hasil imajinasi mereka masing-masing. Dalam kegiatan kali ini, keterampilan berbahasa yang ingin dikembangkan ialah menulis. Diharapkan dengan kegiatan ini, anak-anak semakin semangat dalam menulis karya sastra Indonesia.

Sedangkan kegiatan bulan Bahasa yang dilaksanakan di kelas 8 yaitu apresiasi puisi baik itu membaca puisi dengan tema sumpah pemuda dan menulis puisi bebas sesuai dengan imajinasi mereka masing-masing. Keterampilan berbahasa yang ingin dikembangkan dalam kegiatan ini ialah membaca dan menulis. Siswa diminta untuk terampil membacakan dan mengekpresikan puisi yang mereka baca dan juga menuliskan sebuah puisi hasil karya mereka sendiri. Kegiatan yang dilaksanakan di SMP baik itu kelas 7 dan 8 terintegrasi dengan pelajaran Bahasa Indonesia yang dilaksanakan di kelas masing-masing.

Puncak acara bulan Bahasa di Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung dilaksanakan tepat pada tanggal 28 Oktober 2020 di sekolah. Kegiatannya ialah pemberian apresiasi bagi karya murid yang terbaik pada saat kagiatan Bulan Bahasa ini. Acara ditutup dengan kegiatan donasi buku dari murid-murid ke perpustakaan Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung.

Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan Peringatan Bulan Bahasa Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung Tahun Ajaran 2020-2021 berjalan dengan lancar. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan Bulan Bahasa ini bisa meningkatkan kemampuan literasi dan menumbuhkan kecintaan anak-anak terhadap Bahasa Indonesia sebagai Bahasa persatuan agar selalu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.