Menjadi Pemimpin Kebanggaan Ummat dengan Meneladani Akhlak Rasulullah SAW

إِنَّمَا بُعِثْتُ لأُتَمِّمَ مَكَارِمَ الأَخْلاَق

“Aku tidak diutus kecuali untuk menyempurnakan akhlak.”

(HR. Malik)

Dari hadis tersebut, dapat kita ketahui bahwa Rasulullah SAW diutus untuk menyempurnakan akhlak. Akhlak ini mencakup akhlak kita terhadap Allah SWT, lingkungan, dan diri sendiri. Sebagai muslim, sudah sepatutnya kita menjadikan Rasulullah SAW sebagai panutan dan tauladan kita dalam menjalani hari.

Berkenaan dengan maulid Rasulullah SAW, 12 Rabi’ul Awwal yang tahun ini bertepatan pada tanggal 29 Oktober 2020, SMP Islam Al-Azhar Cairo Bandung bersama-sama memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW tahun 1442 H dengan tema kegiatan “Meneladani Akhlak Nabi Muhammad SAW, Mempersiapkan Diri Menjadi Pemimpin Kebanggaan Ummat.”

Peringatan ini dilaksanakan pada hari Jumat (06/11/2020). Kegiatan diawali dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an dan saritilawah oleh ananda Arya dari kelas 8 Imam Syafi’i dan ananda Ghozy dari kelas 7 Khalid bin Walid. Kegiatan dibuka secara langsung oleh Kepala Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung, Bapak Mugiyono, S.Si., M.M. Kegiatan ini dihadiri oleh pihak yayasan, guru, staf, siswa, dan orang tua/wali siswa.

Selanjutnya yaitu pembacaan Maulid Al-Barzanji oleh Sir Irpan, Sir Erwin, Sir Epi, dan ananda Rafi dari kelas 8 Imam Syafi’i. Setelah pembacaan Maulid Al-Barzanji, Ust. Epi selaku guru mata pelajaran PAI juga menjelaskan gambaran singkat mengenai isi kitab Maulid Al-Barzanji yang dibaca.

Kitab ‘Iqd al-jawahir atau yang lebih dikenal dengan sebutan al-Barzanji ini, menceritakan tentang sejarah Nabi Muhammad SAW yang mencakup silsilah, perjalanan hidup dari usia kanak-kanak, remaja, menginjak usia dewasa, hingga diangkat menjadi Rasul. Kitab tersebut dikemas dengan bahasa dan sastra yang tinggi yang di dalamnya juga dijelaskan sifat-sifat Rasul, keistimewaan-keistimewaannya, dan berbagai peristiwa yang dapat menjadi teladan bagi umat manusia.

Pada peringatan maulid nabi kali ini, sekolah juga mendatangkan guest speaker yaitu Kang Ray Shareza, ex vokalis Nineball Band yang kini melanjutkan karirnya membentuk grup religi bernama Medina. Kita bersama-sama sharing mengenai keteladanan Nabi Muhammad SAW serta menumbuhkan semangat dan optimisme bahwa kita dapat melakukan perubahan menjadi lebih baik lagi dari hari-hari sebelumnya.

Mau’idhah Hasanah bersama Kang Ray Shareza

Semoga kita semua senantiasa meningkatkan kecintaan kita terhadap Rasulullah SAW serta mendapatkan syafaatnya kelak di yaumil akhir. Aamiin.

Allahumma shalli ‘alaa Muhammad!