Menyambut Tahun Ajaran Baru, SMP Islam Al-Azhar Cairo Bandung Gelar Acara Parents Teacher Conference

Pandemi Covid-19 yang akhir-akhir ini masih melanda Indonesia, memberikan dampak yang cukup signifikan terhadap dunia pendidikan. Salah satunya ialah ditutupnya sekolah, yang membuat pembelajaran harus dilakukan secara daring dan membuat intensitas pertemuan siswa dan guru secara langsung berkurang. Metode pembelajaran daring yang harus dilakukan juga akan menuntut peran vital orang tua/wali siswa. Orang tua/wali siswa harus bisa menjadi pendamping dan jembatan antara guru dan siswa selama proses pembelajaran.

Sinergi guru, orang tua, dan siswa akan menjadi hal penting dalam penunjang keberhasilan pendidikan siswa. Terlebih, kondisi pandemi yang mengharuskan anak belajar dari rumah membuat orang tua sadar akan pentingnya mendampingi anak belajar. Untuk itu, dalam rangka memasuki Tahun Ajaran 2020-2021, SMP Islam Al-Azhar Cairo Bandung menggelar pelaksanaan Parents Teacher Conference (PTC) yang dilaksanakan secara luring di aula sekolah pada hari Sabtu, 11 Juli 2020. Kegiatan PTC dilaksanakan mulai pukul 07.30 sampai pukul 11.00 dengan menerapkan protokol kesehatan yang sudah distandarkan.

PTC sendiri merupakan program tahunan yang rutin dilaksanakan di SMP Islam Al-Azhar Cairo Bandung untuk mempertemukan orang tua/wali siswa dengan pihak sekolah di awal tahun ajaran. Tidak bisa dipungkiri, orang tua lah yang nantinya akan berperan sebagai pembuka jalur komunikasi antara pihak sekolah dan siswa di rumah. Tujuan kegiatan PTC dilaksanakan adalah untuk mensosialisasikan program sekolah, baik itu dalam bidang kurikulum, kesiswaan, dan keagamaan yang akan dilaksanakan selama satu tahun ke depan. Selain itu, ada juga pengenalan profil guru dan staf yang mengajar di sekolah. Kegiatan PTC ini juga bertujuan untuk menjembatani antara pihak sekolah dengan orang tua siswa terkait dengan kebutuhan siswa baik itu mengenai kebutuhan pokok selama proses belajar mengajar maupun kebutuhan pendukung lain demi kelancaran proses kegiatan belajar mengajar.

Antusiasme orang tua/wali siswa SMP Islam Al-Azhar Cairo Bandung nampak dari jumlah kehadirannya. Hal ini menunjukkan kepedulian para orang tua/wali siswa terhadap keberlangsungan program sekolah. Dalam pertemuan ini disampaikan juga tentang Garis Besar Haluan Pendidikan Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Indonesia oleh Miss Annisaa selaku waka kurikulum untuk memberitahukan sistem pembelajaran daring yang akan dilaksanakan siswa selama masa pandemi Covid-19 ini.

Protokol Kesehatan Pencegahan Covid-19 di Lingkungan Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung juga disosialisasikan oleh Miss Ima, selaku staf UKS. Tujuannya adalah untuk mensosialisasikan kepada orang tua/wali siswa bahwa sekolah peduli dan siap dengan menjalankan kebiasaan baru di masa pandemi ini. Proses pencegahan ini tentu tidak akan berjalan dengan baik tanpa kerjasama dari seluruh warga sekolah, maka dari itu sosialisasi kepada seluruh pihak yang terlibat menjadi penting.

Pemaparan protokol kesehatan sekolah oleh Miss Ima

Kegiatan ini ditutup dengan sesi tanya jawab dari orang tua siswa kepada pihak sekolah. Diharapkan melalui kegiatan PTC ini, guru dan orang tua dapat bersinergi dan mengembangkan komunikasi yang bersifat kekeluargaan dalam mendidik anak-anak. Apa yang dilakukan siswa di sekolah perlu diketahui orang tua, begitu pun juga sebaliknya. Lingkungan keluarga siswa juga perlu diketahui oleh guru untuk mengidentifikasi berbagai persoalan yang bisa muncul dalam perjalanan pendidikan nantinya. Guru, orang tua, dan siswa diibaratkan seperti tiga pilar bangunan. Apabila ada satu pilar yang tidak support, maka bangunan tersebut tidak akan berfungsi dan berdiri secara optimal sebagai tempat untuk bernaung. Semoga guru dan orang tua dapat berjalan bersama dan bekerjasama dalam mendidik anak-anak generasi penerus bangsa.