Murid SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung Mengikuti Masa Orientasi secara Online

Masa Orientasi Murid (MOM) adalah kegiatan pertama masuk SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung untuk mengenalkan program, sarana, dan prasarana sekolah, cara belajar, pembiasaan baik yang akan diterapkan disekolah, penanaman konsep pengenalan diri dan lingkungan sekolah, serta bimbingan pembinaan awal budaya yang ada di sekolah. Pelaksanaan MOM bagi murid baru dilakukan dalam bentuk kegiatan yang bersifat edukatif dan kreatif untuk mewujudkan sekolah sebagai tempat belajar yang nyaman bagi mereka.

Pelaksanaan MOM di SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung mengikuti ketentuan penyelenggaraan Pengenalan Lingkungan Sekolah di tiap satuan pendidikan yang diatur secara khusus dalam Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. Berdasarkan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016, pengenalan lingkungan sekolah bagi murid baru dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama 3 (tiga) hari pada minggu pertama awal tahun pelajaran.

SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung melaksanakan MOM Tahun Ajaran 2021-2022 bagi seluruh murid, yaitu murid baru kelas 1 Abu Bakar Ash-Shiddiq, murid kelas 2 Al Biruni dan murid kelas 3 Ibnu Batutah. Pelaksanaan MOM dilaksanakan selama 3 hari dan 1 hari untuk sosialisasi dan simbolisasi pembukaan MOM Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung.

Masa Orientasi Murid (MOM) dilaksanakan secara online dikarenakan kita masih dalam masa pandemi Covid-19. Murid-murid SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung mengikuti MOM secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting Cloud. Pada hari pertama, Senin 19 Juli 2021 dilaksanakan pembukaan MOM. Acara dibuka dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an, sambutan Kepala SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung oleh Bapak Mugiyono, S.Si., M.M.  sekaligus simbolisasi dibukanya acara MOM dengan menyematkan ID card kepada perwakilan murid yang hadir di sekolah serta menerbangkan balon-balon gas berwarna-warni. Setelah acara pembukaan selesai, wali kelas menyampaikan sosialisasi berupa barang-barang yang harus dipersiapkan untuk pelaksanaan MOM di 3 hari ke depan.

SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung mulai melaksanakan kegiatan inti MOM dari tanggal 21- 23 Juli 2021. Kegiatan yang dilaksanakan di hari ke-2 MOM yaitu murid-murid mempelajari tata cara morning vow (ikrar), pengenalan aturan di dalam kelas, pengenalan kelas, guru, dan teman. Alhamdulillah, murid-murid antusias dengan pengenalan lingkungan sekolah dan juga dapat berkenalan langsung dengan Miss dan Sir, guru-guru yang akan mengajar mereka nantinya.

Di hari ke-3, murid-murid dikenalkan dengan lagu-lagu islami, tepuk-tepuk islami, tata cara wudhu, dan tata cara pelaksanaan shalat Dhuha. Ini bertujuan agar murid-murid SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung nantinya dapat melaksanakan pembiasaan shalat Dhuha setiap hari.

Murid-murid membuat produk dengan wali kelas nya, untuk kelas 1 Abu Bakkar Ash-shidiq murid-murid membuat Money Box atau kotak celengan yang akan difungsikan untuk kotak infaq. Murid-murid SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung dikenalkan dan dibiasakan untuk berinfaq atau bersedekah di rumah dan akan disalurkan untuk program Charity di bulan Suci Ramadan tahun depan. Untuk kelas 2 Al Biruni dan 3 Ibnu Batutah membuat produk berupa tempat pensil.

Pada hari terakhir, murid-murid kelas 1 Abu Bakkar Ash-Shidiq mengikuti Toilet Training dengan mempelajari pembiasaan baik masuk-keluar toilet, penggunaan tools di kamar mandi, kapan harus ke kamar mandi, dan lain-lain.

Alhamdulillah, walaupun dilaksanakan secara online, seluruh rangkaian kegiatan Masa Orientasi Murid (MOM) SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung Tahun Ajaran 2021-2022 berjalan dengan lancar dan mendapat antusias yang tinggi dari murid-murid baru kelas 1 Abu Bakar Ash-Shiddiq tahun ini. Welcome to our school, have a great time learning in our school!