Optimalkan Diri Menjadi Pemimpin dan bagian dalam perubahan Di Kegiatan LDKS OSIS 2021 – 2022

“Kepemimpinan adalah suatu proses kegiatan seseorang untuk menggerakkan orang lain dengan memimpin, membimbing, memengaruhi orang lain, untuk melakukan sesuatu agar dicapai hasil yang diharapkan”. Itulah salah satu pengertian menarik yang disampaikan oleh Sutrisno.Setiap individu merupakan pemimpin, baik bagi dirinya sendiri maupun untuk lingkungan sekitarnya. Dalam kehidupan setiap individu pasti memerlukan sosok pemimpin dalam kelompok, komunitas ataupun organisasinya. Maka dari itu, kita harus bisa membentuk dan menciptakan karakter pemimpin yang baik untuk penerus bangsa dan negara. Berkaitan dengan hal tersebut, kita harus membentuk dasar kepemimpinan yang baik dan benar. Membentuk dasar kepemimpinan itu sendiri memerlukan pendekatan yang jelas dan dapat memberikan dasar pengertian tentang kepemimpinan itu sendiri. Adapun salah satu cara untuk melatih dan membentuk rasa kepemimpinan dapat dipelajari di lingkungan pendidikan, antara lain dalam suatu organisasi-organisasi di sekolah.

Kepemimpinan yang diperlukan dalam sebuah organisasi merupakan kunci terselenggara nya visi dan misi organisasi yang menjadikan suksesi kepemimpinan itu penting adalah terlaksananya program dengan kepemimpinan yang baik adalah yang bisa mewadahi kemampuan anggota nya demi tercapainya tujuan organisasi. Terhentinya suksesi kepemimpinan baik dalam organisasi kecil maupun besar maka akan berimbas dan berdampak luas terhadap iklim dan kinerja yang telah direncanakan. OSIS SMP Islam Al-Azhar Cairo Bandung sebagai salah satu organisasi intrakurikuler dalam sebuah lembaga formal akan mewadahi seluruh kreativitas siswa dalam berbagai jenis ekstrakurikuler dan berkewajiban membantu dan membina organisasi-organisasi yang berada di bawahnya. Salah satu langkah yang diambil untuk mempersiapkan kader-kader pemimpin yang handal, professional dan berpikir maju adalah dengan mengadakan suatu bentuk kegiatan yang diberi nama LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa). Dengan kegiatan ini diharapkan akan terbentuk dan terciptanya seorang calon pemimpin yang mampu menjadi penggerak, pemberi arahan dan pemberi bimbingan serta motivasi dalam organisasi yang dimasukinya, sehingga peranan kepemimpinan mampu mendinamiskan organisasi dalam mencapai tujuan.

Kegiatan awal dilakukan secara luring adalah Seleksi Tulis yang dilaksanakan pada tanggal 1 November 2021 di kelas 8 Imam Syafi’i Semua siswa hadir dari kelas VIII Imam Syafii. Rangkaian acara selanjutnya Setelah melewati tahap seleksi tulis, tahapan lanjutan yang harus diikuti oleh peserta ialah seleksi wawancara. Peserta yang maju ke tahap seleksi wawancara adalah adalah peserta yang tepilih pada saat seleksi tulis kemarin. Ada empat peserta diantaranya ialah: Nabila, Abdillah, Fawwaz dan Ghailan dari kelas VIII (Imam Syafii).

Empat Calon Presiden OSIS SMP Islam Al Azhar Cairo Bandung dari kiri ke kanan (Abdillah, Fawwaz, Ghailan dan Nabila)

Dari hasil wawancara kemarin terpilihlah empat peserta yang selanjutnya akan dibawa ke Majelis Permusyawaratan Sekolah (MPS) untuk menentukan calon Presiden OSIS. Empat nama yang lolos seleksi wawancara kemarin diantaranya ialah: Nabila, Abdillah, Fawwaz dan Ghailan dari kelas VIII (Imam Syafii).

Pengumuman calon presiden yang lolos, dilaksanakan pada tanggal 4 November 2021 juga diumumkan nomor urut peserta. Abdillah mendapat nomor urut satu, Fawwaz mendapat nomor urut dua, Ghailan medapat nomor urut tiga dan Nabila mendapat nomor urut empat.

Rangkaian acara selanjutnya adalah pemaparan visi dan misi untuk bakal calon presiden OSIS. Setelah mendapatkan empat nama untuk calon presiden OSIS, maka tahapan selanjutnya yang harus dilaksanakan ialah masa kampanye yang dilaksanakan kampanye offline di Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung sebelum pemilu berlangsung. 

Kampanye sendiri dilaksanakan di lingkungan sekolah Satu persatu dari calon presiden membuat poster, mencetak dan membagikannya. Selain poster, tim kampanye juga membagikan twibbon yang isinya foto calon presiden yang akan melangkah tahap selanjutnya. Masa kampanye dilaksanakan dari tanggal 4-8 November 2021.

Acara selanjutnya yang sangat ditunggu-tunggupun tiba. Acara tersebut merupakan debat calon Presiden OSIS periode 2021/2022 yang diselenggarakan pada tanggal 8 November 2021 di Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung. Debat ini diikuti oleh calon presiden nomor urut 1 Abdillah, calon presiden nomor urut 2 Fawwaz, calon presiden urut 3 Ghailan dan calon presiden nomor urut 4 Nabila. Selain dihadiri oleh calon presiden OSIS dan siswa lainnya, debat ini juga dihadiri oleh tim panelis yang nantinya akan memberikan beberapa pertanyaan wajib kepada calon presiden OSIS di sesi debat tersebut. Tim panelis tersebut terdiri dari 3 orang diantaranya Pak Mugi, Miss Annisaa dan Sir Ramlan, dan dipimpin oleh Pak Dia selaku Moderator.

Ghailan calon no urut 3 sedang menyampaikan visi misi nya dalam acara Debat Presiden OSIS
Abdillah Calon No urut 1 sedang menjawab pertanyaan dari Panelis
Fawwaz Calon No urut 3 sedang menjelaskan tentang visi misi nya
Nabila Calon No urut 4 sedang menyampaikan visi misi

Acara selanjutnya adalah Pemilihan Calon Presiden OSIS di Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung yang dilaksanakan pada tanggal 8 November 2021. Selanjutnya mereka semua bersiap ke TPS di kelas 8 Imam Syafi’I atau memilih siapa yang nantinya akan menjadi presiden OSIS. Sebelum menggunakan hak suaranya, mereka terlebih dahulu diberikan arahan untuk memilih oleh ketua KPU. Setelah itu, satu persatu dari mereka memasuki bilik suara dan menggunakan hak pilihnya pada ipad yang sudah disediakan di dalam bilik suara tersebut. Setelah memilih, mereka mencelupkan salah satu jarinya ke dalam tinta layaknya pemilu yang biasa dilakukan di Indonesia.  Tidak hanya siswa, tapi semua guru dan staff sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung juga ikut menggunakan hak suaranya. Setelah pemilihan selesai, para guru mengadakan rapat dan menghitung suara keseluruhan. Dan diungguli oleh Abdillah. Maka dari itu Abdillah Sudana yang terpilih menjadi Presiden OSIS.

Pemilihan Presiden OSIS menggunakan iPad di bilik suara oleh seluruh siswa-siswi
SMP Islam Al-Azhar Cairo Bandung
Pak Mugi (Kepala Sekolah) SMP Islam Al-Azhar Cairo Bandung juga menggunakan Hak suara nya.

Rangkaian acara selanjutnya ialah ialah LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa) yang dilaksanakan secara luring di Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung pada hari Jum’at – Sabtu pada tanggal 12-13 November 2021 di Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung. Semua siswa yang nantinya akan menjadi pengurus OSIS diwajibkan mengikuti kegiatan ini.

Dilaksanakan launching kabinet OSIS PERIODE 2021-2022 dan pengumuman kelompok untuk LDKS yang diberikan infonya oleh Abdillah dan Tim acara. Acara selanjutnya anak – anak melaksanakan sholat Ashar berjamaah di Mushola. Setelah itu anak-anak kembali berkumpul di aula untuk menerima materi tentang pembuatan solo bivak oleh Pak Dia. Setelah selesai, anak-anak melaksanakan sholat Magrib Berjamaah di Mushola dan menerima siraman Rohani dari Sir Epi tentang tanggung jawab dan kepemimpinan.

Pak Dia sedang memberikan materi tentang pembuatan solo Bivak untuk seluruh Siswa
SMP Islam Al-Azhar Cairo Bandung

Acara selanjutnya ialah pemberian materi tentang Management of leadership yang disampaikan oleh Sir Erwin. Dalam penyampaiannya, Sir Erwin menjelaskan tentang bagaimana cara kita mengatur dan membangun kepemimpinan dalam diri kita. Setelah itu siswa-siswi melaksanakan kegiatan Api unggun di Lapangan SMP Islam Al-Azhar Cairo Bandung.

Api unggun Siswa-Siswi SMP Islam Al-Azhar Cairo Bandung

Setelah itu siswa-siswi bersiap ke Aula untuk menerima materi ke dua tentang Organization’s Rules (teknis rapat atau sidang, pembuatan proposal dll) yang disampaikan oleh Ms. Annisaa Puji Thursina,S.Pd.

Materi tentang Organization Rules’s yang disampaikan oleh Miss Annisaa

Setelah terpilihnya Abdillah sebagai presiden OSIS, Simbolisasi dengan memberikan slempang oleh Presiden OSIS periode sebelumnya, yaitu Arya langsung dilakukan hari itu juga.

Abdillah sebagai presiden terpilih maju kedepan untuk memimpin jalannya rapat. Diskusi dan rapat berjalan selama 60 menit hingga terpilihlah mentri-mentri yang nantinya akan menemani Abdillah dalam kepengurusan OSIS selama satu tahun kedepan. Setelah terpilih dan terbentuk kabinetnya, maka acara selanjutnya ialah mentor time yang berfungsi untuk mengarahkan anggota kementrian terpilih untuk mengetahui apa yang harus dan akan mereka lakukan kedepannya serta membahas program kerja yang akan dilaksanakanan dalam satu tahun mendatang. Mentor-mentor tersebut diantaranya: Pak Mugiyono sebagai mentor Presiden, Miss Fera sebagai mentor Sekretaris Kabinet, Miss Annissa sebagai mentor mentri keuangan, Miss Marwah sebagai mentor mentri kebersihan, Miss Dewi sebagai mentor mentri pendidikan dan kominfo, Miss Ai sebagai mentor mentri agama, Pak Dia sebagai mentor mentri kedisiplinan, dan Pak Ramlan sebagai mentor mentri olahraga.

Kementrian Pendidikan kebudayaan dan Kominfo di mentori oleh Miss Dewi
Kementrian Keagamaan yang di mentori oleh Miss Ai

Acara ditutup dengan upacara pelantikan pengurus OSIS Periode 2021-2022 di Aula dan pengarahan langsung dengan Pembina OSIS SMP Islam Al-Azhar Cairo Bandung Periode 2021-2022.

Pelantikan Pengurus OSIS SMP Islam Al-Azhar Cairo Bandung Periode 2021-2022

Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan LDKS OSIS SMP Islam Al-Azhar Cairo Bandung Periode 2021-2022 berjalan dengan lancar. Semoga dengan dilaksanakannya rangkaian kegiatan ini bisa membuat siswa lebih madiri, mengoptimalisasi diri untuk menjadi pemimpin baik untuk dirinya sendiri maupun untuk organisasi dan masyarakat. Sesuai dengan tema Suksesi OSIS tahun ini yaitu Optimize your potential, take your chance and be a part of the movement.