Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester Ganjil Tahun Ajaran 2020-2021 di SMP Islam Al-Azhar Cairo Bandung

Masih merebaknya pandemi covid-19 benar-benar memberikan dampak yang luar biasa pada semua bidang kehidupan. Salah satu yang terdampak ialah bidang pendidikan. Hingga saat ini, sekolah masih ditutup dan pembelajaran masih dilaksanakan secara daring di rumah masing-masing. Banyak hal dan cara yang dilakukan oleh semua pihak untuk menyikapi fenomena yang tak mudah ini. Hal ini tentunya harus disikapi dengan cara dan strategi yang sesuai dan dapat disesuaikan dengan situasi dan kondisi.

Hal tersebut, sejalan dengan yang dilakukan dan dilaksanakan di Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung sebagai lembaga yang hendak mewujudkan pendidikan yang berkualitas. Satu diantara strategi yang tetap dilakukan pada masa pandemi ini adalah dengan melaksanakan pengujian materi pelajaran terhadap peserta didiknya, yaitu melalui tes atau evaluasi pembelajaran. Hal ini dilakukan untuk memperoleh gambaran atau deskripsi ketercapaian suatu kompetensi. Indikator ketercapaian kompetensi dari kompetensi dasar (KD) inilah yang kemudian dapat dijadikan acuan atau suksesnya pendidik selama melaksanakan kegiatan proses pembelajaran terutama dalam situasi seperti ini.

Berdasarkan kalender pendidikan di SMP Islam Al-Azhar Cairo Bandung, kegiatan Penilaian Tengah Semester (PTS) semester ganjil tahun ajaran 2020-2021 dilaksanakan tanggal 14 sampai 18 September 2020 secara daring melalui aplikasi zoom cloud meeting.

Kegiatan PTS di SMP Islam Al-Azhar Cairo Bandung masih dilaksanakan dengan menggunakan metode “Based on Project”. Metode “Based on Project” ini merupakan metode penilaian gabungan dari beberapa mata pelajaran yang menuntut peserta didik untuk mengerjakan atau menyelesaikan suatu project yang telah dirancang oleh kelompok guru mapel tersebut. Penilaian “Based on Project” ini dinilai efektif karena bisa menilai aspek kognitif maupun keterampilan siswa. Penilaian “Based on Project” ini dirasa mampu memberikan inti dari pembelajaran yang melibatkan kerja proyek dimana siswa bekerja secara mandiri dalam mengkonstruksi pembelajarannya dan mengkulminasikannya dalam produk nyata.

Kegiatan Penilaian Tengah Semester ini diawali dengan mengelompokkan mata pelajaran yang dirancang untuk pelaksanaan PTS baik di kelas 7 maupun kelas 8. Kelompok mata pelajaran ini disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing mata pelajaran. Dikarenakan kegiatan Penilaian Tengah Semester kali ini masih harus dilakukan secara daring, sehingga tidak memungkinkan untuk membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, maka setiap siswa harus menyelesaikan proyeknya secara individu di rumah mereka masing-masing dengan pengawasan guru mata pelajaran melalui aplikasi zoom cloud meeting.

Dalam pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) kali ini ada beberapa proyek yang harus dibuat oleh para peserta didik baik di kelas VII maupun VIII. Adapun proyeknya adalah sebagai berikut:

  1. Praktikum perubahan materi dan pemuaian zat;
  2. Mendeskripsikan permainan bola besar dan bola kecil;
  3. Membuat komik tentang perilaku norma yang dipresentasikan dengan bahasa Inggris;
  4. Membuat satu video tentang tata cara wudhu dengan menggunakan bahasa Arab;
  5. Bercerita dengan menggunakan boneka jari yang terbuat dari flanel;
  6. Membuat pop up 3d frame flora dan fauna di wilayah Indonesia;
  7. Tasmi’ dan sambung ayat;
  8. Membuat poster fungsi Pancasila;
  9. Membuat miniatur negara-negara ASEAN;
  10. Membuat model struktur organ tumbuhan;
  11. Khutbah bahasa Arab dengan tema Iman dan Islam;
  12. Membuat katrol sederhana.

Setelah selesai melakukan kegiatan Penilaian Tengah Semester, wali kelas membagikan rapor yang nilainya diambil dari nilai tugas, hasil ulangan harian, nilai PTS. Semua nilai itu nantinya akan digunakan untuk mengetahui kemajuan peserta didik secara individual sehingga guru dapat memberikan apresiasi bagi peserta didik yang berprestasi dan memberikan perhatian lebih bagi siswa yang mengalami kemunduran dalam proses belajar. Selain itu, guru mendapatkan feedback dari siswa atas proses pendidikan yang telah dilaksanakan sehingga guru memiliki referensi yang akurat atas kemampuan peserta didiknya dalam proses belajar. Orang tua di rumah pun akan mengetahui sejauh mana perkembangan belajar anaknya selama tengah semester ini.

Alhamdulillah seluruh rangkaian PTS dan pembagian rapor di SMP Islam Al-Azhar Cairo Bandung berjalan lancar. Semoga apa yang sudah dilaksanakan bisa memberikan manfaat bagi guru, siswa, dan orang tua yang terlibat langsung dalam prosesnya.