Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung Telah Menggelar Penerimaan Peserta Didik Baru Periode 1 Tahun Ajaran 2021-2022

Pandemi Covid-19 hingga kini masih menjadi ancaman di tengah kehidupan masyarakat. Angka penularannya masih tinggi dan kini upaya pencegahannya pun masih terus dilakukan. Hal itu membuat terhambatnya serangkaian kegiatan termasuk diantaranya yaitu bidang pendidikan. Sekolah masih ditutup dan siswa masih harus melakukan pembelajaran secara daring di rumah. Di tengah situasi ini, selain pembelajarannya yang disesuaikan, ada beberapa kegiatan yang juga harus disesuaikan. Salah satunya yaitu terkait Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020.

Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan siklus tahunan yang dialami oleh semua instansi pendidikan baik itu instansi negeri maupun swasta. Proses penerimaan siswa baru dapat menjadi salah satu kegiatan yang menunjang kegiatan belajar mengajar nantinya. Dalam proses inilah, interaksi antara calon siswa baru, orang tua/wali siswa, dan sekolah akan terjalin.

Penyelenggaraan pendidikan diawali dengan tahap kegiatan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) yang lebih dikenal dengan istilah New Student Enrollment (NSE) yang menjadi kegiatan rutin tahunan yang dilaksanakan oleh Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung. NSE dilakukan secara objektif, akuntabel, transparan, dan tidak diskriminatif. NSE bertujuan memberi kesempatan yang seluas-luasnya bagi calon siswa agar dapat memperoleh layanan pendidikan yang sebaik-baiknya.

Dengan memenuhi protokol kesehatan, pada tanggal 01 September – 30 November 2020 Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung telah membuka pendaftaran siswa baru untuk periode 1 tahun ajaran 2021-2022. Teknis Pendaftaran ini dilakukan dengan mengisi formulir baik secara langsung di sekolah ataupun online melalui website.

Pendaftaran online dilakukan oleh orang tua/wali calon siswa yang rumahnya jauh dari sekolah. Setelah melakukan pendaftaran, tahap selanjutnya yaitu observasi NSE dengan tujuan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan yang dimiliki calon siswa dan kesiapannya menuju jenjang SD ataupun SMP.

Obsevasi NSE dilaksanakan secara luring yang bertempat di Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung. Pada pelaksanaannya, observasi NSE terdiri dari 2 gelombang dalam 1 periode yaitu, gelombang satu yang telah dilaksanakan pada tanggal 03 Oktober 2020 dan gelombang dua yang telah dilaksanakan pada tanggal 28 November 2020.

NSE pada di Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung menjadi kegiatan yang amat penting dan mempunyai nilai strategis untuk menyeleksi calon siswa yang berpotensi. Untuk menyeleksi penerimaan siswa yang berpotensi tersebut dapat dilihat dari beberapa indikator diantaranya: potensi dasar siswa, kemampuan verbal, kemampuan numerik, kemampuan analitis, kemampuan menyerap informasi, kemampuan adaptasi, daya juang, dan kepribadian yang baik.

Untuk mencapai indikator tersebut, maka digunakanlah tes akademik yang meliputi tes kognisi agama dan visual, motorik halus, motorik kasar, dan psikotes untuk calon murid pada jenjang SD.

Sedangkan untuk calon siswa di jenjang SMP, dilakukan observasi kemampuan akademik, keagamaan, minat dan bakat. Dari semua rangkaian observasi NSE, ada juga wawancara yang dilakukan oleh pihak sekolah pada orang tua/wali calon siswa untuk mengetahui informasi mengenai calon siswa tersebut. Tujuannya, agar pihak sekolah bisa menyesuaikan dengan karakter setiap siswa yang beragam ke depannya.

New Student Enrollment (NSE) Periode 1 (September – November 2020) Tahun Ajaran 2021-2022 dengan diskon 50% untuk jenjang SD dan diskon 30% untuk jenjang SMP telah ditutup. Kami ucapkan selamat kepada seluruh calon siswa yang telah dinyatakan lulus setelah melewati tahap observasi NSE periode 1 gelombang 1 dan 2 dan kini telah terdaftar di Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung. Sampai jumpa tahun depan di tahun ajaran baru.

Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung kembali membuka New Student Enrollment (NSE) Periode 2 (Desember 2020 – Februari 2021) Tahun Ajaran 2021-2022 dengan diskon 30% untuk jenjang SD dan 20% untuk jenjang SMP. Segera daftarkan putra-putri ayah bunda dan manfaatkan diskon periode 2! Mari bersama kita cetak calon pemimpin ummat dan agama yang berakhlakul karimah, berwawasan luas, menguasai teknologi, penghafal Al-Qur’an, dan selalu berpegang teguh pada Al-Qur’an dan Sunnah.