Teladani Semangat Guru, Wujudkan Cita-citaku

Hari guru adalah hari untuk menunjukkan penghargaan terhadap guru. Di Indonesia, Hari Guru Nasional diperingati setiap tanggal 25 November. Hal itu, sudah ditetapkan oleh pemerintah Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 78 Tahun 1994. Selain itu, tanggal 25 November 1945 juga ditetapkan sebagai hari lahir Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI).

Tugas guru sebagai suatu profesi, menuntut guru untuk mengembangkan profesionalitas diri sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Mendidik, mengajar, dan melatih anak didik adalah tugas guru sebagai suatu profesi. Guru juga memiliki tugas untuk meneruskan dan mengembangkan nilai-nilai hidup kepada anak didik.

Tugas guru sebagai pengajar berarti meneruskan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi kepada anak didik. Guru juga mempunyai kemampuan, keahlian atau sering disebut dengan kompetensi profesional. Kompetensi profesional yang dimaksud tersebut adalah kemampuan guru untuk menguasai masalah akademik yang sangat berkaitan dengan pelaksanaan proses belajar mengajar, sehingga kompetensi ini mutlak dimiliki guru dalam menjalankan tugasnya sebagai pendidik dan pengajar.

Dengan banyaknya tugas-tugas tersebut, waktu yang dikerahkan, serta dedikasi guru untuk terus membimbing dan memberikan pembelajaran untuk anak didiknya menjadi bentuk jasa yang tak terhingga dan tak akan pernah terbalas. Karena itulah, setiap guru layak mendapatkan apresiasi dalam bentuk apapun, termasuk salah satunya adalah dengan memperingati Hari Guru Nasional setiap tanggal 25 November 2020.

Pada hari Rabu, 25 November 2020 Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung juga memperingati Hari Guru Nasional dengan mengadakan kegiatan Gift and Teachers Day dengan tema “Mengukir indah jasamu dalam meniti cita-citaku”.

Kegiatan ini dibuka dengan sambutan ketua pelaksana kegiatan, Miss Dewi. Dilanjut dengan pembacaan ayat suci Al-Qur’an oleh ananda Abellia, kelas 2 Al Biruni. Kegiatan ini dilaksanakan secara luring di Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung, dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dari mulai kedatangan, saat kegiatan, hingga kepulangan murid. Murid-murid SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung terlihat sangat antusias mengikuti kegiatan tersebut.

Pada kegiatan ini, murid-murid memberikan persembahan kepada guru-guru tercinta dengan tampil bernyanyi. Kelas 1 Abu Bakar Ash-Shiddiq menyanyikan lagu “Guruku Tersayang” dan kelas 2 Al-Biruni menyanyikan lagu “Hymne Guru”. Selain bernyanyi, murid-murid juga menampilkan puisi. Penampilan puisi dari kelas 1 Abu Bakar Ash-Shiddiq dibawakan oleh Dinara, Kenzie, dan Gendis dan penampilan puisi dari kelas 2 Al Biruni dibawakan oleh Khansa.

Selain murid, guru-guru juga mempersembahkan penampilan dengan menyanyikan lagu “Terima Kasihku“. Acara selanjutnya yaitu pemutaran video ucapan selamat hari guru dari seluruh murid dan siswa Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung.

Setelah itu, dilanjutkan dengan pemberian bunga dari murid SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung untuk semua guru. Kegiatan lainnya yaitu sesi tukar kado antar murid SD Islam Al-Azhar Cairo Bandung. Acara ditutup dengan foto bersama wali kelas dan guru pendamping.

Alhamdulillah seluruh rangkaian kegiatan Gift and Teachers Day Sekolah Islam Al-Azhar Cairo Bandung Tahun Ajaran 2020-2021 berjalan dengan lancar. Selain menyenangkan dan mengedukasi, kegiatan ini bisa menjadi moment yang berkesan bagi seluruh murid untuk diceritakan di kemudian hari. Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan Gift and Teachers Day ini, kita bisa meneladani semangat dan dedikasi guru sebagai pendidik profesional dan bermartabat untuk meniti cita-cita yang akan digapai di masa depan.